Politik dan Perang

Selasa, 24-09-2013 09:07

Wanita Asal Inggris Jadi Dalang Penyerangan Mall di Kenya


Zafira

Samantha Lewthwaite

Samantha Lewthwaite

TERKAIT
NAIROBI, PESATNEWS- Serangan teror di sebuah mal di Nairobi, Kenya oleh kelompok militan Somalia, al-Shabab, ternyata dipimpin oleh seorang wanita asal Inggris. Serangan yang menewaskan 68 orang itu berlangsung sejak Sabtu (21/9/2013) dan belum berakhir hingga berita ini diturunkan.

Seperti dikutip dari Daily Mail, perempuan kulit putih itu mengenakan kerudung dan terdengar berteriak memerintahkan anggota militan untuk menembak. Perintah itu ia sampaikan dalam bahasa Arab. Perempuan itu bernama Samantha Lewthwaite, seorang janda pelaku bom 7/7/ Jermain Lindsay.

Sampai berita ini diturunkan, upaya membersihkan mal dari para penyerang masih berlangsung dan pihak keamanan setempat mengkalim sudah hampir menguasai secara sepenuhnya. Mereka masih berupaya memastikan apakah pihak penyerang sudah benar-benar dilumpuhkan dan tidak ada lagi warga yang disandera.

Kelompok al-Shabab menyerang mal tersebut pada Sabtu lalu sebagai tindakan balasan atas perlakuan tentara Kenya di Somalia. Saat ini terdapat sedikitnya 40 ribu tentara Kenya yang tengah memerangi milisi di Somalia.

Dalam aksi serangan di mal Westagete di Nairobi ini, perempuan warga negara Inggris bernama Samantha Lewthwaite dipercaya menjadi pemimpinnya. Saksi mata melihat dia bertindak sebagai pemimpin dan kerap memberikan perintah serta instruksi kepada penyerang dalam bahasa Arab.[ ]






Editor : Ervan Bayu Setianto

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com