Kesehatan

Selasa, 10-09-2013 05:49

Kapolda Bali Diganti, Bukan Karena Miss World


Budiono

ist

ist

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS - Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi diganti dan dimutasi menjadi Asisten Operasi Kapolri yang ditinggalkan Komjen Pol Badrodin Haiti, yang kini menjabat Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan. Sebagai pejabat Kapolda Bali yang baru segera diisi oleh Brigjen Pol AJ Benny Mokalu yang kini masih menjadi Kapolda Bengkulu.

Mutasi Arif Wachyunadi ini tertuang dalam surat telegram yang diperoleh wartawan bernomor ST/1772/IX/2013, berbarengan dengan lima Kapolda lainnya yang dimutasi oleh Kapolri. Dalam surat telegram yang dikeluarkan 9 September 2013 itu juga terdapat 164 perwira menengah dan perwira tinggi yang dimutasi.

Namun, Kapolda Bali diganti tak ada kaitannya dengan digelarnya kontes kecantikan Miss Wolrd di Bali, yang telah memancing pro kontra masyarakat. “Kapolda Bali diganti bukan karena Miss World, beliau malah mendapat promosi menjadi Asisten Operasi, memang beliau bagus dan bersih. Kapolda Bengkulu sudah layak di pindah ke Bali, karena beliau saya lihat pengin mendukung pemerintah untuk pariwisata, di bengkulu, kolaborasi antara Pemprop dan Polda berdampak sangat positif,” ujar sumber dekat Mabes Polri kepada pesatnews.com, Senin (9/9/2013) malam.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie membenarkan adanya mutasi jabatan tersebut. Menurutnya, ada tiga alasan yang menyebabkan Kapolri merotasi jabatan, diantaranya karena pensiun, promosi jabatan, dan dalam rangka penyegaran organisasi kepolisian.

“Ada beberpa perwira tinggi dan perwira menengah yang pensiun, sehingga perlu dimutasi dan memberikan kesempatan kepada pewira menengah dan perwira tinggi menempati jabatan yang kosong,” jelasnya.

Enam Kapolda yang dimutasi tersebut adalah berikut.

1. Kapolda Bali Irjen Arif Wachyunadi dimutasi menjadi Asisten Operasi (Asops) Kapolri yang ditinggalkan Komjen Badrodin Haiti yang kini menjabat Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan. Jabatan Kapolda Bali diisi Brigjen Albertus Julius Benny Mokalu yang kini menjabat Kapolda Bengkulu. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Benny Mokalu diisi Brigjen Tatang Somantri, yang kini menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri. Sementara, jabatan Karobinopsnal Baharkam Polri diisi Kombes Ghufron.

2. Kapolda Banten Brigjen Eddy Sumantri menjadi Sahlisosbud Kopolri. Jabatan Kapolda Banten diisi Brigjen Muhammad Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kabagbingadikrobindiklat Lemdikpol. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Muhammad Zulkarnain diisi Kombes Musyafak, yang kini menjabat Kaprodi S2 Ditprogram Pasca-sarjana STIK Lemdikpol.

3. Kapolda Gorontalo Brigjen Budi Waseso menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri. Kapolda Gorontalo diisi Brigjen Andjaja yang sebelumnya menjabat Karo Rbp Srena Polri. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Andjaja diisi Kombes M Naufal Yahya.

4. Kapolda Kalimantan Barat Tubagus Dwi Apriyanto menjadi Kepala Sekolah Pembentukan calon Perwira (Kasetukpa) Lemdikpol, menggantikan Brigjen Jodie Rooseto yang saat ini dipercaya menjadi Sahlijemen Kapolri. Jabatan Kapolda kalimantan Barat diisi Brigjen Arie sulistiyo, yang kini menjabat Wakil Kepala Korps Brimob (Wakakorbrimob) Polri. Jabatan Wakakorbrimob Polri diisi Kombes Rio Septianda, yang kini menjabat Wakapolda Kalimantan Selatan. Pengganti Kombes Rio Septianda sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah adalah Kombes Budi Setiono, yang kini menjabat Kabaglakbarrevisirojemengar Srena Polri.

5. Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Taufik Anshorie menjadi Kepala Sekolah Perwira Menengah (Kasespimma) Lemdikpol. Pengganti Taufik Ansorie adalah Brigjen Machfud Arifin, yang saat ini menjabat Kapolda Maluku Utara.

6. Kapolda Maluku Utara yang ditinggalkan Brigjen Machfud Arifin akan diisi oleh Brigjen Sobri Effendy Surya yang kini menjabat Kasespimma Polri. [*]



Editor : Yudi Wahyudi

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com