Kotak Suara

Rabu, 17-07-2013 12:13

Pengamat: KPU Asal-Asalan Selenggarakan Pemilu


Angga Susanto

Ray Rangkuti

Ray Rangkuti

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan bahwa Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2014 yang akan datang berkisar 177.257.048 jiwa. Dinyatakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditemukan kesalahan admnistrasi sekitar 4,1 juta Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Menanggapai hal tersebut Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menyampaikan jumlah ini belum termasuk DPS dari daerah Provinsi Papua, Sumatera Selatan dan Maluku Utara. Jika ditambah dengan jumlah calon pemilih luar negeri yang berkisar 2.160.253 jiwa maka total DPS mencapai 179.417.301 jiwa.

"Pihak Departemen Dalam Negeri (Depdagri, red), sebagai sumber pemilih Pemilu 2014 , pernah menyebut perkiraan total pemilih Indonesia akan mencapai 185 juta jiwa pemilih," ujar Ray dalam pernyataan persnya di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Menurutnya hal tersebut didasarkan pada jumlah DP4 yang diserahkan oleh Depdagri ke KPU yang mencapai 190.463.184 jiwa. Bila proses verifikasi dan penyisiran DP4 berjalan dengan sukses dan baik, maka asumsi total pemilih tersebut kemungkinan akan tercapai.

"Tentu saja hal ini dengan menambah total pemilih dari  tiga daerah yang belum terdata sebelumnya. Persoalannya jadi menarik karena seperti dinyatakan oleh Bawaslu ditemukan kesalahan admnistrasi sekitar 4,1 juta DP4," cetus Ray.

Ray melihat selain itu KPU juga tengah mewacanakan adanya kemungkinan pendaftaran pemilih baru yang disebut dengan daftar pemilih khusus yang diindikasikan dapat menimbulkan beberapa permasalahan.[ ]






Editor : Ervan Bayu Setianto

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com