Top News

Jumat, 28-06-2013 19:26

Muncul di Video Seks, Pejabat Cina Dijerat



Nama Lei Zhengfu mencuat setelah muncul rekaman video akhir tahun lalu. (bbc)

Nama Lei Zhengfu mencuat setelah muncul rekaman video akhir tahun lalu. (bbc)

TERKAIT
PESATNEWS - Seorang pejabat Partai Komunis Cina dijatuhi hukuman penjara selama 13 tahun karena menerima suap yang kasusnya terkuak berkat video seks.

Selain dihukum penjara, pejabat yang bernama Lei Zhengfu itu diharuskan membayar denda US$48.000, seperti dilaporkan oleh wartawan BBC di Beijing, Celia Hatton.

Penyelidikan terhadap Lei Zhengfu dimulai setelah video berisi rekaman ia melakukan hubungan seksual dengan seorang perempuan berusia 18 tahun menyebar di internet.

Pejabat dari Chongqing itu didakwa menerima suap sebesar US$500.000. Ia diberhentikan dari jabatannya setelah muncul video yang menggemparkan di Cina mencul di internet tahun lalu.

Setidaknya 10 pejabat telah diberhentikan akibat skandal ini.

Xiao Ye, seorang pengusaha yang diduga menjebak Lei Zhengfu melakukan hubungan seks dan mengunggah videonya ke internet juga diadili. Pengadilan menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara.

Skema Diungkap Wartawan
Xiao dituduh menjebak sejumlah pejabat ke dalam hal yang disebut sebagai "jebakan madu".

Perempuan yang diketahui sebagai simpanan Lei Zhengfu juga diadili dalam kasus yang sama dan divonis hukuman percobaan selama dua tahun.

Media pemerintah Cina melaporkan tindakan Xiao Ye bertujuan memeras uang atau mendapat kontrak pembangunan properti. Skema jebakan ini mencuat di Cina setelah diungkap oleh wartawan dan blogger Zhu Ruifeng.

Zhu membeberkan video di tengah pernyataan keras Presiden Xi Jinping bahwa pihak berwenang bertekad memberantas korupsi yang dikatakan mengancam masa depan Partai Komunis.

Menurut wartawan BBC di Beijing Celia Hatton, Lei Zhengfu sontak menjadi bintang video amatir yang ditonton oleh jutaan warga Cina setelah diunggah ke internet November lalu. [*]


Sumber: BBC


Editor : Hasan Basri

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com