Korupsi

Kamis, 16-05-2013 23:49

KPK Tahan 3 Tersangka Kasus Bantuan Dana Bawahan


Subchan Chusaen Albari

Johan Budi

Johan Budi

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS - Usai menjalani pemeriksaan KPK selama 1X24 jam, akhirnya ketiga tersangka kasus suap dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait proyek bantuan dana bawahan (BDB) dari provinsi, dana APBD Sumutra Utara  ke Kabupaten Mandailing Natal untuk sejumlah proyek di Madina, kini ditahan KPK.

Ketiga tersangka tersebut yakni Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Utara Khairil Anwar dan seorang kontraktor bernama Surung Panjaitan. Ketiganya ditahan di tempat yang terpisah.

"Tersangka HIB ditahan di Rutan Pomdam Guntur. SRG ditahan di Rutan KPK, KRL ditahan di Rutan Salemba. Untuk 20 hari pertama," ujar Johan Budi di KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Hidayat Batubara Bupati Mandaling Natal ini diduga sebagai penyelengara negara yang telah menerima suap atau janji atau hadiah sebesar Rp 1 milyar dari salah seorang kontraktor bernama Surung Panjaitan dalam kaitanya proyek BDB.

Barang bukti itu ditemukan setelah KPK melakukan pengeledahan pada hari Selasa (14/5/2013) di kediamnya di Jl Sei Asahan no 76 Medan. KPK menemukan barang bukti ratusan juta dirumahnya. Uang itu adalah hasil serah terima Hidayat dari pihak seorang pengusaha kontraktor Surung Panjaitan.

Politisi Demokrat itu tampak sudah keluar dari gedung KPK menguanakn baju tahanan dan langsung dibawa menuju ruang Tahanan Guntur. Dan ia tidak memberikan komentar apapun kepada wartawan.

Sedangkan Khairil ini diduga ikut terlibat dalam mengurusi proyek BDB tersebut. Ia bersama Surung Panjaitan ditangkap KPK tak jauh dari Rumah Hidayat Batubara, setelah mengadakan pertemuan di rumahnya. Keduanya kini juga sudah ditahan oleh penyidik KPK. [*]


Editor : Hasan Basri

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com