Kesehatan

Selasa, 30-04-2013 07:48

Manfaat Ceker Ayam Bagi Penderita Hipertensi


Donna Futanto

Ceker ayam

Ceker ayam

TERKAIT

PESATNEWS – Jurnal Japan Society for Bioscience Tsukuba mengungkapkan bahwa ceker ayam punya khasiat untuk meredakan darah tinggi.

Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor.

Kolagen ceker ini bisa menurunkan kadar rennin dalam plasma, sehingga tidak mengungkit tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Pada umumnya, selama ini diketahui yang berperan mengendalikan tekanan darah adalah mineral kalium. Maka itu, pada mereka yang merupakan penderita hipertensi, asupan buah harus memadai disertai sayur.

Tidak hanya ceker, telur ayam ternyata juga memiliki khasiat penurun tekanan darah tinggi yang persis sama dengan ceker ayam.

Tergantung bagaimana telur disajikan, menentukan tinggi rendahnya khasiat. Telur yang digoreng lebih tinggi potensi antihipertensinya daripada yang direbus. Campuran putih dan kuning telur juga lebih berpotensi dibanding hanya memakan salah satunya.

Karena itu, ketakutan berlebihan mengkonsumsi telur perlu dihapuskan. Membatasi bukan sama sekali tidak. Selain itu, telur adalah sumber asam amino paling lengkap yang dibutuhkan untuk membentuk daya tahan tubuh. [*]



Editor : Hasan Basri

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.







BERITA Fesyen
BERITA Kesehatan
BERITA Seks
Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com