Senin, 29-04-2013 17:37

KPU Siapkan Draf PKPU Penunjang Pemilu 2014


Angga Susanto

Ferry Kurnia Rizkiyansyah

Ferry Kurnia Rizkiyansyah

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS - Menjelang Pemilu 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan Draf Peraturan KPU (PKPU), diantaranya draf peratutan pemungutan penghitungan suara dan draf rekapitukasi penghitungan suara pemilu legislatif 2014.

"Ada dua PKPU yang akan kita siapkan, pertama draf PKPU mengenai pemungutan penghitungan suara dan draf PKPU rekapitulas penghitungan suara pemilu legiltaf," ucap Anggota Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU Jl.Imam Bonjol Menteng Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Adapun beberapa PKPU yang mendapat perubahan yang disampaikan oleh Ferry yaitu PKPU No.1 tahun 2013 tentang kampanye, yakni penghapusan pasal 46.

"Ada beberapa PKPU yang sudah kita putuskan, ada perubahan soal PKPU 1 tahun 2013, tentang kampanye yang kita mendelete pasal 46, sudah fix," jelasnya.

Menurutnya KPU tengah mempersiapkan PKPU yang mengatur dana kampanye
Lebih lanjut Ferry menambahkan, KPU akan mempersiapkan Peraturan KPU tentang dengan melakukan diskusi publik dan uji publik yang rencana akan melibatkan  masyarakat atau lembaga penggiat pemilu.

"Kita tinggal tekns admnitrasinya, memang belum kita inikan. Sebenarnya ini penguatan saja, ada beberapa hal yang dibahas tadi, kalau pleno sudah kemarin-kemarin, yang lainnya kita akan menyiapkan juga draf PKPU soal dana kampanye. Nanti kita adakan semacam diskus publik dan uji publik mengenai dana kampanye, kita akan melibatkan teman-teman pegiat pemilu dan LSM," paparnya.

Ferry juga menyatakan, ada draf lagi akan diputuskan melalui mekanisme rapat internal, diantaranya yaitu PKPU mengenai partisipasi masyarakat.  

"Jadi ketarbukaan informasi itu kita akan siapkan menjadi PKPU karena itu sudah dikonsultasikan dengan pemerintah, sedang kita selesaikan. Itu saja yang kita inikan," jelasnya. [*]


Editor : Hasan Basri

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com