Seputar Bisnis

Senin, 22-04-2013 17:33

Kemenkumham: Pendaftaran Fidusia Online Sah


Septo Marsiano

Aidir Amin Daud

Aidir Amin Daud

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS- Kementerian Hukum dan HAM memastikan bahwa proses pendaftaran jaminan fidusia secara online sah secara hukum.

Dirjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM Aidir Amin Daud mengungkapkan, bahwa justru terjadi pelanggaran UU sebelum pendaftaran fidusia secara online.

"Kami ini sudah melanggar UU sejak tahun 99," katanya di depan perwakilan dari perusahaan pembiayaan saat sosialisasi pendaftaran jaminan fidusia secara online di Hotel JW Marriot Jakarta, Senin (22/3/2014).

Menurutnya UU No. 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia mengamanatkan proses pendaftaran fidusia dilakukan dalam waktu sehari.  

"Seperti yang saat ini dilakukan dengan online," jelasnya.

Bahkan, katanya, proses pendaftaran selama sehari itu hanya bisa dilakukan dengan sistem online. Sebelumnya, Aidir menambahkan, proses pendaftaran jaminan fidusia memakan waktu tidak cukup hanya selama sehari.

"Itu berhari-hari," ujarnya.

Kementerian Hukum dan HAM memastikan bahwa proses pendaftaran secara online itu absah secara hukum.

"Kami sebagai otoritas memastikan bahwa ini absah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan sistem pembayaran jaminan fidusia secara online sejak 5 Maret 2013 lalu. Dengan sistem online ini, perusahaan pembiayaan tidak perlu datang secara fisik ke kantor wilayah yang ditunjuk oleh Kemenkumham untuk mendaftarkan jaminan fidusia seperti berlaku sebelumnya.[ ]


Editor : Ervan Bayu Setianto

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.







BERITA Pasar Modal
BERITA Ekonomi Nasional
BERITA Seputar Bisnis
Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com