Berita Terkini

Senin, 31-12-2012 21:34

Kontes Cupang, Sang Primadona Ikan Hias



Kontes cupang

Kontes cupang

TERKAIT
PURBALINGGA, PESATNEWS  – Sejak lima tahun terakhir peggemar ikan hias jenis Cupang (Betta Splendens)  semakin banyak di Purbalingga (Jateng). Dengan beraneka warna yang menawan, ikan cupang menjadi primadona ikan hias.

Ketika digelar untuk kali pertama kontes ikan Cupang di Tempat Penjualan Ikan (TPI) kompleks Dinas Peternakan & Perikanan (Dinnakan) Purbalingga, Minggu (30/12) puluhan peserta antusias mengikutinya. Bahkan, mereka tidak hanya datang dari Purbalingga saja, tetapi dari wilayah tetangga seperti Banjarnegara, Banyumas, Cilacap Kebumen, Pekalongan dan Pemalang.  

Panitia dari Paguyuban Pengusaha Ikan Hias (PPIH) juga mendatangkan sejumlah juri dari Yogyakarta. Tak kurang sekitar 100 peserta mengikuti ajang kontes dengan biaya pendaftaran hanya Rp 15 ribu.

Salah seorang dewan juri, Haryadi mengemukakan, kategori jenis ikan Cupang yang dilombakan meliputi Serit, Halfmoon, Plakat dan Crowntail.  Jenis ini juga masih dikategorikan ke dalam beberapa sub lainnya.

“Untuk kriteria penampilan meliputi keindahan, proporsi badan dan sirip. Sirip atas bawah juga masih ada kriteria sendiri,” ujar Hariyadi yang juga penggemar ikan asal Yogyakarta.

Sementara itu Kepala Seksi Produksi pada Bidang Perikanan Dinnakan Purbalingga Drh Usman Joko mengungkapkan, kontes ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan bekerjasama dengan PPIH. Selain kontes ikan Cupang juga digelar bazar ikan hias.

“Kontes ini kami gelar selain untuk mempromosikan potensi perikanan di Purbalingga, juga untuk memamerkan keindahan ikan cupang hias sekaligus melakukan pencerahan dan penyuluhan bagi para peserta, hobiis dan peternak cupang,” kata Usman.

Usman menambahkan, panitia memilih 42 kategori juara. Setiap kelas dipilih dua juara. Panitia juga memilih grand champion masing-masing kelas dan juara umum. [yt/pn]



Editor : -

  

KOMENTAR

  • Uchiha Ismail

    Saya Mohon Kirimin Saya 1 Ikan Cupang (Betta Fish) Yg Menawan


KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com