Peristiwa

Selasa, 30-10-2012 17:52

Publikasikan Daftar Orang Terkaya Yunani, Editor Ditangkap



ist

kostas vaxevanis

TERKAIT

PESATNEWS – Kostas Vaxevanis, seorang editor majalah mingguan di Yunani ditangkap karena mempublikasikan daftar berisi lebih dari 2 ribu orang terkaya di Yunani yang memiliki rekening di cabang HSBC Swiss.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa penangkapan Kostas didasarkan atas tindakan mempublikasikan nama-nama tersebut secara ilegal dan tanpa bukti. Orang-orang penting yang berada dalam daftar tersebut dianggap berhubungan dengan kasus penghindaran pajak yang menganggu stabilitas negara.

Namun banyak pihak dan kritisi pemerintah yang menganggap bahwa tindakan itu hanyalah penutupan fakta bahwa menteri keuangan telah memiliki daftar tersebut selama dua tahun, namun ditutup-tutupi hingga sekarang.

“Jika ada orang yang bersikap melanggar hukum maka para menteri tersebut yang telah menyembunyikan daftar itu, menghilangkannya, dan berkata bahwa daftar itu tidak pernah ada. Saya hanya melakukan pekerjaan saya sebagai seorang jurnalis,” ujar Kostas dalam video yang kemudian dikirimkannya kepada Reuters.

Daftar yang dipublikasikan Kostas tersebut kembali memunculkan kasus mengenai para elite dan orang kaya di Yunani yang selama ini dikenal selalu dengan mudah menghindari wajib pajak.

George Papaconstantinou, mantan menteri keuangan Yunani, mengatakan bahwa pihak berwenang yang mengatasi perpajakan di sana gagal menindak nama-nama yang berada di daftar tersebut karena takut menghadapi orang-orang berkuasa dan kaya raya di sana. [dn]



Editor : -

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com