Berita Daerah

Sabtu, 29-09-2012 19:51

Kontrak Dicicil, Pekerja PLTU Bunton Protes



Demo pekerja PLTU Bunton Cilacap (pesat)

Demo pekerja PLTU Bunton Cilacap (pesat)

TERKAIT
CILACAP, PESATNEWS – Merasa kontraknya hanya dicicil setiap tiga bulan sekali, ratusan massa pekerja proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 2 Jawa Tengah di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, melakukan protes, Sabtu (29/9/2012).

Massa mendatangi kantor Sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) Mitra Mandala di Desa Bunton yang selama ini menjadi koordinator dalam perekrutan pekerja termasuk mengatur upah dari PT CNTIC. Perusahaan PT CNTIC merupakan konsorsium asal China yang mengerjakan proyek pembangunan PLTU Unit 2 Jateng atau PLTU Bunton.

Massa nyaris beringas saat datang ke kantor Pokja Mitra Mandala tak menjumpai pengurus. Mereka hanya menjumpai dua karyawan perempuan yang bukan pengambil kebijakan. Massa akhirnya merusak barang-barang dikantor dan mengeluarkannya ke halaman. Barang-barang dan kantor itu nyaris dibakar massa. Namun, warga sekitar menghentikan aksi itu karena pihak Pokja Mitra Manda hanya megontrak rumah milik warga yang dijadikan kantor.

Salah seorang pekerja, Kardi mengungkapkan, tuntutan para pekerja adalah erevisi kontrak kerja yang semula tiga bulan sekali diganti menjadi satu tahun sekali. ”Kami butuh kepastian untuk menyambung hidup keluarga, kontrak kami jangan dicicil setiap tiga bulan sekali. Tapi paling tidak satu tahun sekali,” kata Kardi.

Tuntutan yang disampaikan lainnya yakni soal upah pekerja yang sebenarnya memiliki keterampilan, namun hanya dipekerjakan sebagai "helper" atau kenek. Bayarannya Rp 54 ribu per hari. Sementara untuk tenaga-tenaga terampil, dikuasai tenaga-tenaga dari China, dengan bayaran lebih besar. ”Kami  meminta agar upah untuk 'helper' dinaikkan dari Rp 54 ribu per hari menjadi Rp 80 ribu per hari," tuntut Kardi yang dibenarkan rekan-rekannya. [y/pn]


Editor : -

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.







BERITA Megapolitan
BERITA Berita Daerah
BERITA Berita Nasional
Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com