Ekonomi Nasional

Sabtu, 03-03-2012 17:05

Jumlah Pengusaha di Indonesia Meningkat



ist

ist

TERKAIT

JAKARTA, PESATNEWS – Tahun 2014 diperkirakan ada 4,8 juta pengusaha sukses di Indonesia atau setara dengan 2 persen jumlah penduduk. Moratorium Pegawai Negeri Sipil (PNS) ikut andil dalam peningkatan itu.

Menurut Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Agus Muharram, untuk membentuk ekonomi sebuah negara berkembang menjadi maju dibutuhkan jumlah pengusaha sukses minimal 2% dari total jumlah penduduk.

"Ini berarti, tinggal beberapa persen lagi untuk mencapai negara maju," papar Agus saat Launching HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012 di hotel, The Dharmawangsa, Jakarta, Sabtu (3/3).

Masih menurut Agus, jika dibandingkan dengan negara Asia, seperti Malaysia dan Singapura kita masih tertinggal. Saat ini, jumlah wirausaha Malaysia sebanyak 5% dan Singapura 7%. “Tetapi di akhir 2014 kita bisa mencapai angka di atas 2%," ujar Agus.

Saat ini, jumlah pegusaha sukses yang bisa ikut menggerakan ekonomi Indonesia baru mencapai 1,56% dari total penduduk 240 juta jiwa, yaitu sebanyak 3,74 juta. Angka tersebut naik signifikan dari jumlah tiga tahun lalu sebanyak 576 ribu pengusaha.

Salah satu penyebab meningkatnya jumlah pengusaha karena adanya moratorium pegawai negeri sipil (PNS) yang dilakukan pemerintah. Akibatnya berpengaruh terhadap peningkatan jumlah entrepreneur.

"Secara langsung, tidak ada pengaruhnya, tetapi secara tidak langsung itu, berpengaruh dalam menggerakan mindset anak muda. Bahwa untuk menjadi PNS dan pegawai swasta makin hari semakin terbatas," ungkap Agus.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, saat ini, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 55,3 juta. Sebanyak 54 juta diantaranya merupakan pelaku usaha mikro. [fu/dam]



Editor : -

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.







BERITA Pasar Modal
BERITA Ekonomi Nasional
BERITA Seputar Bisnis
Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com