Korupsi

Rabu, 15-02-2012 19:34

Aneh bib Ajaib, Angie Menjawab 'Tidak' Melulu



Arief

Angie di sidang tipikor

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS – Walah, politisi Partai Demokrat Angelina Sondakh (Angie) yang dihadirkan di sidang tindak pidana korupsi terkait kasus wisma atlet, Rabu (15/2), berkali-kali menjawab dengan mengatakan : “Tidak” dan  “Tidak tahu!” dan “Tidak” lainnya. Jawaban ini terkesan berkelit dan aneh bin ajaib.

Sepanjang kesaksiannya, Angie membantah semua tuduhan keterlibatan dirinya dalam kasus suap terkait pembangunan Wisma Atlet. Angie embantah pernah berkomunikasi dengan mantan Direktur Marketing PT Anak Negeri, Mindo Rosalina Manullang. Tersangka kasus suap proyek wisma atlet SEA Games ini mengaku tak pernah meminta "apel" kepada Rosa dalam obrolan keduanya via BlackBerry Messenger (BBM). "Tidak pernah Yang Mulia," kata Angie saat bersaksi di sidang terdakwa Nazaruddin di Pengadilan Tipikor, Rabu (15/2).

Keterangan Angie bertolak belakang dengan pengakuan Rosa yang telah divonis bersalah dalam kasus suap proyek wisma atlet. Rosa mengungkapkan dirinya pernah membicarakan soal jatah fee proyek wisma atlet dengan Angie. Janda almarhum Adjie Massaid juga mengaku, belum menggunakan ponsel BlackBerry pada tahun 2010.

Dia mengaku, pernah berkomunikasi dengan Rosa melalui ponsel miliknya yang bermerek Nokia. Namun ponsel itu telah dibuang Angie dengan alasan sudah rusak karena terjatuh ke dalam kolam renang. "Handphone itu kecemplung di kolam renang di rumah saya oleh anak saya yang masih satu tahun. Karena sudah tidak bisa digunakan lagi ya saya buang. Saya lalu ganti dengan Nokia yang lain," kata Angie.

Angie menjelaskan, tidak ada yang istimewa dalam komunikasinya dengan Rosa. Ia mengaku hanya mengirimkan undangan acara syukuran tindak siti (turun tanah) putranya, Keanu Massaid serta undangan ulang tahun pertama Keanu di Hotel Mulia. Undangan ia kirimkan secara massal kepada seluruh kontak yang tersimpan di ponselnya.

"Saya selalu mengundang orang-orang yang namanya tercantum ada di kontak list saya di telepon. Karena saya blast pesan itu, tidak satu-persatu saya kirim dan Rosa ada dalam kontak list," kata janda Adjie Massaid ini. Angie membantah undangan dikirimkannya lewat Blackberry Messenger (BBM).

Angie malah mengaku, dirinya baru menggunakan BlackBerry (BB) akhir tahun 2010. Ia tidak pernah bertukar nomor PIN BB dengan Rosa. Ia mengaku hanya bertukar nomor ponsel saat pertemuan pertamanya dengan Rosa di gedung DPR RI, Senayan. "Saya tidak tukar nomor PIN karena saya nggak pakai BB saat itu," ujarnya.

Padahal dalam pesidangan sebelumnya, Rosa menyatakan, Angie meminta uang dengan menggunakan kata sandi "apel Malang" untuk mata uang rupiah dan "apel Washington merujuk ke mata uang dolar Amerika. Angie membantah pernah menyebut nama "big boss" alias bos besar dalam pembicaraan dengan Rosa. Permintaan tersebut dilakukan dalam pembicaraan melalui layanan BBM. Angie yang mengenakan kemeja putih juga menegaskan, dirinya  tak pernah menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam obrolan itu. "Tidak pernah," kata Angie.

Sikap Angie yang terus membantah pernyataan-pernyataan yang dilontarkan kuasa hukum Nazaruddin, Hotman Paris Hutapea, dinilai janggal. Bantahan demi bantahan yang diumbar Angie membuat tim pengacara Nazaruddin kesal. Mereka berupaya dengan berbagai cara untuk membuat Angie bicara. Hotman Paris Hutapea mencoba bertanya dengan data yang detail.
Dan kali ini masih soal Blacberry. Tampaknya mereka ingin membuktikan bahwa Angelina memang sudah memilik alat komunikasi canggih itu sebelum saling mengirim pesan dengan Mindo Rosa Manulang itu. PIN Blackberry itu 20e342d9.
Hotman memulai dengan sedikit memutar.  Hotman bertanya apakah Angelina pernah pergi ke Belanda Agustus 2010. Dan Angie membenarkan. Lalu Hotman bertanya tanggal ulang tahun Keanu, anak Angie dan Adjie Massaid. Dia bilang anak itu berulang tahun September 2010.

Lalu Hotman tiba-tiba mencecar. "Apa benar pernah tinggal di Apartemen Belezza Versailes lantai 27?" Angie menjawab dengan tenang. "Benar. Setelah saya menikah dengan Adji, sampai akhir 2010." "Setelah itu pindah ke Cilandak?" tanya Hotman lagi. Angie membenarkan.

Sejumlah fakta di atas dipakai Hotman untuk menjelaskan kedekatan hubungan Angelina dengan Mindo Rosa Manulang. Dia lalu bertanya lagi. “"Saat ulang tahun Keanu, saksi mengirimkan SMS ke nomor-nomor dalam list, di antaranya Rosa?" tanya Hotman. "Benar," jawab Angie singkat.

Dalam sebuah pesan via BBM, kata Hotman Paris mengutip Rosa, Angelina meminta kado ulang tahun Keanu dikirim ke Apartemen Belezza. Menurut keterangan Rosa, komunikasi itu dilakukan via BBM Angelina dengan nomor PIN 20e342d9. Angelina membenarkan percakapan itu.

Hotman lalu melanjutkan, "Ada lima fakta hidup yang kami tanyakan ke saudara saksi dan saksi membenarkan. Tapi apa betul itu bukan dari BB saudara?" "Yang mulia, saya tidak menggunakan BB. Saya baru menggunakan BB akhir 2010," jawab Angie.

Berdasarkan fakta pesan dalam BBM tersebut, Hotman menilai Angie tidak jujur. "Apa mungkin ibu-ibu lain yang mengirimkan pesan ini?" kata Hotman menyinggung undangan ulang tahun pertama Keanu Massaid, melalui BlackBerry Messenger (BBM) yang diterima Rosa. "Apa hantu yang mengirim," katanya emosi.

Menurut Hotman Paris, Angie memiliki BB lain selain BB dengan pin 20e342d9. Blacberry yang lain itu  berpin 21ccf31. Tak bergeming, Angie pun kembali membantah keras.  Tak cukup dengan cara itu, tim pengacara Nazar juga memberikan bukti berupa foto bahwa Angie menggunakan BB sejak tahun 2009, bukan 2010 seperti pengakuan Angie. Pengacara Elza Syarief, pun langsung menunjukkan berita di media itu ke majelis hakim.

"Majelis, kami memiliki bukti kalau saudara saksi memiliki BB sejak 2009," tutur Elza yang suaranya sempat meninggi karena bantahan-bantahan Angie. Meski sudah ditunjukkan foto mengenai BB itu, Angie tetap konsisten membantah memiliki telepon pintar itu. "Itu benar foto saya, tapi itu bukan BB saya," ujar Angie.

Masih belum berhasil membuat Angie bicara, tim pengacara mencoba cara lain, mengorek kehidupan pribadinya termasuk, soal isu niat bercerai dari suaminya, Adjie Massaid yang kini telah almarhum. Namun, hal ini langsung dipotong hakim.

Pengacara Nazaruddin lain, Rufinus Hutauruk, kemudian mengkonfirmasi informasi yang menyebut Angie gemar belanja barang mewah dengan harga selangit di dunia maya. Awalnya, Rufinus bertanya soal gaji Angelina sebagai anggota DPR. Namun, Angie tidak menjawab langsung dan berdalih bahwa informasi ini bisa dilihat di data DPR. Angie baru menjawab setelah didesak Ketua Hakim Darmawati Ningsih. "Dipotong iuran-iuran, arisan, terima sekitar Rp20 juta."

Rufinus belum cukup puas. "Anda pernah belanja online barang mewah?" tanya dia. Angie menjawab, "Tak pernah lewat online." Mendengar jawaban tersebut, Rufinus berkata pada majelis hakim. "Dia sering belanja di online sampai miliaran rupiah. Dituding, Angie tak bereaksi, ia hanya diam.

Sebelumnya, berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tahun 2010, Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Angelina Sondakh memiliki harta yang melesat jauh dibanding tujuh tahun lalu. Tahun 2003, harta Angie hanya Rp618 juta, namun pada 2010, sudah mencapai Rp6,155 miliar. Ketika dikonfirmasi mengenai asal muasal hartanya itu, Angie juga memilih tidak menjawab. (SM/Viva/asf)


Editor : -

  

KOMENTAR



KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.



Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com