Sains

Jumat, 10-02-2012 10:48

Jumlah Pulau Indonesia Menyusut



Pulau

ilustrasi

TERKAIT
JAKARTA, PESATNEWS- Selama ini kita mengetahui bahwa jumlah pulau di Indonesia ada 17.000 pulau lebih. Ternyata Indonesia saat ini hanya mempunyai 13.000 an pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Jumlah tepatnya adalah 13.466 pulau, seperti yang diketahui berdasarkan survei geografi dan toponimi yang berakhir pada 2010. Hasilnya telah dilaporkan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Jumlah pulau itu hingga kini belum disahkan melalui peraturan pemerintah. Padahal, ini memiliki implikasi sangat besar pada banyak aspek. Demikian dikemukakan Kepala Badan Informasi Geospasial (dulu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional atau Bakorsurtanal) Asep Karsidi seperti dikutip dari National Geograpic, Jumat (10/2).

Jumlah pulau itu, menurut Asep, diperoleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi yang melakukan survei mulai 2007 hingga 2010. Jumlah tersebut berdasarkan inventarisasi dan verifikasi nama pulau serta penetapan koordinat tiap pulau dengan global positioning system.

Menurut Asep yang juga menjadi Sekretaris Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi, jumlah 17.508 pulau itu diperoleh karena Gosong dimasukkan sebagai pulau. Padahal. Gosong hanya gundukan pasir atau terumbu karang yang muncul saat air surut dan tenggelam saat pasang naik air laut. Adapun definisi pulau oleh PBB adalah obyek yang masih tampak saat air laut pasang.

Daftar nama rupabumi (gasetir) pulau di Indonesia sejumlah 13.446 itu telah disampaikan kepada United Nations Groups of Experts on Geographical Names (UNGEGN) tahun lalu.


Editor : -

  

KOMENTAR

  • dwihandika

    mengapa tidak ada hasil jumlah pulau di INDONESIA pada tahun 2012?


KOMENTAR ANDA

Mohon memasukkan nama, email dan komentar anda apabila ingin memberikan komentar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala isi dari komentar yang anda kirimkan.







BERITA Sains
BERITA Gadget
BERITA Internet
BERITA Otomotif
Kontak KamiTentang KamiLowongan Pedoman Media Siber
Copyright © 2014 www.pesatnews.com